Desain Kamar Mandi Minimalis


Sebelum membangun / mendesain kamar mandi, Anda perlu mengenali terlebih dahulu gaya hidup keluarga Anda. Apakah Anda termasuk yang suka membersihkan diri dengan shower dan dibersihkan dengan tisu atau membersihkan diri dengan guyuran air? 
Type shower plus tisu merupakan type kamar mandi kering yang kini kian diminati di areal perumahan, lain halnya dengan daerah pedesaan yang lebih memilih type kamar mandi basah.

 Kamar mandi kering memang lebih enak dilihat karena Tipe ini dapat mendatangkan kenyamanan ekstra bahkan Lebih aman karena penggunanya tak mudah tergelincir oleh lantai yang licin yang terkena air
Dari segi desain, kamar mandi kering bisa lebih diolah. Apalagi, lantainya tidak perlu diatur kemiringannya. Di kamar mandi kering, area basah tetap ada. Hanya saja, percikan air dilokalisir di satu tempat. Ada shower tray di dalamnya yang dilengkapi dengan tirai atau dinding dari bahan kaca, akrilik, atau mika yang lainnya.
Perlengkapan lainnya tak jauh berbeda dengan kamar mandi basah. Di dalamnya terdapat kloset duduk, tempat tisu, gantungan handuk tangan, tempat sabun, wastafel, serta cermin. Semuanya bisa diatur dengan apik.Jangan lupa menyediakan tempat sampah untuk membuang tisu.
Bagi Anda yang terbiasa mandi dengan gayung juga bisa mempercantik kamar mandi dengan berbagai cara seperti dengan memilih tema tertentu. Anda dapat memberi aksen batu alam, batu koral, atau batu candi, tergantung desain yang dipilih.
Selain kamar mandi kering dan basah, ada pula kamar mandi semi modern. Di dalamnya, bak mandi dapat dipertahankan keberadaannya. Tetapi, setidaknya butuh area seluas 2x2,5 meter persegi untuk mewujudkannya.
kamar mandi kering bisa jadi pilihan jika ruang yang tersedia untuk dijadikan kamar mandi tidak begitu luas, Sebab pemasangan bak mandi cukup memakan tempat. Tipe semi kering juga pilihan yang tepat. Anda tidak membutuhkan bak dan shower tray. Tetapi, area basah tetap harus dilokalisir. Untuk dekorasi dinding, alternatifnya cukup banyak. Keramik, kayu, dan batu dapat dilirik. Sedangkan, wallpaper hanya mungkin dipasang di dinding yang aman dari cipratan air. Dekorasi material yang menyembulkan nuansa tiga dimensi juga dapat diaplikasikan pada dinding kamar mandi.
Untuk pemilihan warna cat, Warna abu-abu, hitam, dan putih dengan aksen warna mencolok seperti kuning, merah, atau hijau sedang digemari menyusul maraknya aplikasi gaya minimalis di perumahan. Apapun pilihan temanya, keselarasan tema dengan ruang-ruang lain di rumah tak boleh dilupakan. Jika kamar utama di dominasi warna biru, maka kamar mandi di dalamnya tak cocok dibalurkan warna hitam. 
Faktor Keamanan juga perlu Anda perhatikan, terlebih, bagi pengguna berusia lanjut dan teramat belia. Sudut-sudut kamar mandi jangan sampai membuat orang terluka ketika terbenturnya.
Kamar mandi juga harus dilengkapi dengan lantai yang bertekstur kasar. Dengan begitu, penggunanya tidak mudah terpeleset. Lantas, kemiringan pipa saluran pembuangan juga harus diatur agar tidak mampet, Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah sirkulasi udara. Seperti juga ruang lainnya di rumah, kamar mandi perlu bersentuhan dengan udara luar. Jika tidak bisa memasang jendela atau kisi-kisi angin, sediakan exhaust fan.

Tentunya semua kembali kepada ukuran luas kamar mandi dan juga type kamar mandi yang Anda sukai.

Copyright © 2013-2014 Desain Rumah Minimalis Modern: Desain Kamar Mandi Minimalis